KNO3 Putih dan KNO3 Merah, apa perbedaannya?

sumber: pinterest.com

Halo Sobat Cahaya Tani! Berbicara mengenai tanaman, tentu memerlukan pupuk yang sesuai dengan kebutuhannya. Ada banyak sekali jenis pupuk yang dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan tanaman, agar tercapainya kualitas yang baik untuk tanaman maupun hasil tanaman itu sendiri. Namun, dari sekian banyak pupuk tersebut, tentu kamu pernah terpikirkan, Kenapa KNO3 ada yang Merah dan Putih? Apa sih bedanya KNO3 Merah dan KNO3 Putih? Nah, daripada kamu kebingungan, yuk kita bahas!

Sebelumnya, perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa KNO3 memiliki 2 unsur utama, yaitu:

  • Kalium : Berfungsi untuk meningkatkan hasil panen menjadi lebih besar, lebih berat dan lebih manis. Juga dapat meningkatkan ketahanan terhadap penyakit.
  • Nitrogen : Nitrogen pada KNO3 berbentuk senyawa Nitrat (NO3) berfungsi untuk merangsang pertumbuhan baik tinggi, jumlah cabang,maupun jumlah anakan. Juga berperan untuk memberikan warna hijau pada daun.

Dapat kita lihat bahwa kedua unsur tersebut termasuk cukup penting bagi tanaman. Kekurangan unsur tersebut pastinya akan menyebabkan keterhambatan dalam pertumbuhan tanaman dan juga berdampak pada hasil panen.

KNO3 Putih

sumber : servertanamania.net

KNO3 Putih memiliki kandungan unsur Kalium 45-46% , dan unsur Nitrogen 13%. Pupuk KNO3 Putih ini digunakan pada masa Generatif, terlihat pada kandungan Kalium yang cukup tinggi untuk memenuhi energi pada proses fotosintesis. Pada kasus tertentu, kerontokan bunga dan tidak mau berbuah bisa jadi juga disebabkan oleh kurangnya kalium sebagai proses fotosintesis berupa energi.

KNO3 Merah

sumber: biggo.id

KNO3 Merah memiliki kandungan unsur Kalium 14-15% dan unsur Nitrogen 15%. Pupuk KNO3 ini direkomendasikan untuk tanaman pada fase Vegetatif sampai menjelang pembungaan. Kandungan yang tidak terlalu tinggi dan seimbang ini cocok untuk tanaman pada masa pertumbuhan. Sehingga, tidak menyebabkan tanaman menjadi layu karena pupuk yang berlebihan.

Nah, udah pada tau kan apa fungsi dari pupuk KNO3 baik merah maupun putih? Pada dasarnya, pupuk KNO3 maupun putih dapat meningkatkan hasil produksi tanaman. Jadi, udah tau nih kan perbedaan dari fungsi pupuk KNO3 merah dan putih? Untuk produk KNO3 nya juga tersedia loh, di Toko Cahaya Tani! Klik disini untuk melihat katalog produk kami!